Ikan Lemon alias Yellow Cichlid / Electric Yellow Cichlid / Electric Yellow Lab ( Labidochromis caeruleus )

Electric Yellow Cichlid atau sering juga disebut ikan lemon alias Electric Lab / Electric Yellow Lab / Lemon Yellow Cichlid ini merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang paling populer. Ikan ini memiliki warna kuning dengan garis hitam horisontal.

ikan lemon

Electric Yellow Cichlid merupakan salah satu spesies ciclid /siklid yang berasal dari benua Afrika tepatnya berasal dari Danau Malawi. Ikan ini oleh Pierre Brichard kemudian dikembangbiakkan di sepanjang Danau Tangayika hingga mencapai sekitar 20000 ekor. Ikan ini kemudian diperkenalkan di Burundi oleh Brichard dengan nama "Labidochromis tanganicae" pada awal 1980 dan diekspor ke berbagai tempat.

Bila di bandingkan dengan cichlid Afrika umumnya Electric Yellow Cichlid ini termasuk ikan yang "jinak" alias tidak terlalu agresif alias "galak". Ia hanya akan bertindak agresif atau "galak" terhadap ikan yang memiliki bentuk tubuh dan warna serupa karena dianggap sebagai ancaman untuk makanan dan pasangannya.

Tidak disarankan untuk menyatukan ikan ini dengan Zebra Danios atau neon tetra dan sejenisnya, karena ikan ini akan menggigiti ekor ikan tersebut. Idealnya jenis ikan ini disatukan dengan cichid Afrika yang lain

Lingkungan akuarium yang ideal untuk ikan ini yaitu dengan dasar berpasir dengan ornamen tanaman dan gua serta batu untuk tempat bersembunyi.

Ikan Jantan cenderung memiliki lebih banyak warna hitam pada sirip perut dan sirip "anal" , selain itu ukuran ikan jantan 1/3 lebih besar daripada betina pada saat dewasa. Ukuran ikan jantan maksimum sekitar 15cm

ikan lemon jantan
Ikan Lemon Jantan

Ikan ini berkembang biak dengan cara bertelur pada permukaaan batu. Kemudian dimasukan ke mulut selama 18 hari sebelum anak ikan kemudian dilepaskan sang induk, Jumlah anakan ikan biasanya berkisar 15-20 ekor.

Electric Yellow Lab ini termasuk omnivora. Ia menyukai udang , bloodworn, pelet, dll

Sumber;
http://en.wikipedia.org/wiki/Labidochromis_caeruleus
http://www.cichlid-forum.com/articles/l_caeruleus
http://en.wikipedia.org/wiki/Electric_yellow_cichlid

Artikel