Lemon Alga Eater (Gyrinocheilus aymonieri)

Ikan yang mempunyai nama latin Gyrinocheilus aymonieri juga di kenal dengan nama Chinese Algae Eater atau Golden Algae Eater dan termasuk ke dalam Family Cyprinidae. Walaupun diberi nama Chinese Alga Eater jenis ikan hias air tawar ini bukan berasal dari negara Cina melainkan habitat aslinya berasal dari India dan Thailand.

Lemon Alga Eater
Ikan Lemon Alga Eater

Sesuai dengan namanya Chinese Alga Eater ini merupakan ikan pemakan lumut. Ikan Chinese Alga Eater memiliki mulut yang sanggup menghisap lumut yang tumbuh pada kaca aquarium, permukaan kayu, tanaman air, dan batu. Ikan pemakan lumut ini memiliki celah insang yang memungkinkannya memasukkan dan mengeluarkan air dari celah tersebut. Hal ini membuat ikan ini dapat bernafas tanpa harus mengambil air dari mulutnya. Sementara mulutnya dapat digunakan untuk berpegangan pada permukaan.

Umur ikan Chinese Alga Eater bisa mencapai 5 tahun. Pada saat dewasa ikan Chinese Alga Eater akan berukuran sekitar 11 inchi (27 cm) di alam liar tetapi di akuarium biasanya hanya akan mencapai 10-20 cm.Ikan Chinnese algae eater memiliki dua warna, yaitu warna kuning dan warna putih kekuningan.

Lingkungan yang ideal untuk ikan Chinese Alga Eater ini adalah lingkungan dengan tanaman air yang rimbun dengan drift wood dan batu cocok bila ditempatkan pada aquascape kita. Parameter air yaitu dengan PH air 7.0 dan suhu 25-28 C. Ukuran akuarium yang disarankan adalah 50 galon

Ikan Chinese Alga Eater memiliki growth rate atau tingkat pertumbuhan yang cepat. Ikan yang termasuk mudah dipelihara ini juga mudah beradaptasi dengan lingkungannya.

Walaupun saat kecil ikan Lemon Alga Eater atau Chinese Alga Eater sangat rajin membersihkan lumut ketika memasuki usia dewasa ia akan memiliki sifat teritorial dan bisa menjadi agresif. Selain makin sedikit memakan lumut sifatnya jadi jahil dan sering mengusili ikan lain dengan cara hinggap di ekor ikan mas koki, ikan manfish atau ikan besar lainnya. Dan bahkan mereka akan merusak sisik ikan yang ditemplokinya.

Ikan Chinese Alga Eater juga terkadang suka melompat sehingga sebaiknya akuarium diberi tutup. Habitatnya ialah berenang di dasar akuarium dan sesekali menempel di kaca dan tanaman. Sebagai suplemen makanan dapat diberikan alga wafer yang dapat dibeli di toko makanan ikan. Tingkat kesulitan untuk memelihara ikan termasuk dalam kategori 'Intermediate'.

Sebaiknya dipertimbangkan dengan baik sebelum membeli ikan Chinese Alga Eater karena selain membutuhkan tempat yang cukup besar, pada saat dewasa ikan ini akan menimbulkan masalah terutama bila ditempatkan pada akuarium komunitas bersama ikan lainnya. Akan tetapi bila kita hanya hendak memelihara satu jenis saja ikan ini bisa jadi pilihan

sumber http://freshaquarium.about.com/cs/cyprinids2/p/lemonalgae.htm

Artikel