Black Convict Cichlid (Archocentrus nigrofasciatus)

Ikan Convict Cichlid mempunyai nama latin Archocentrus nigrofasciatus juga di kenal dengan banyak nama lain diantaranya Congo Cichlid, Convict, Zebra Cichlid tetapi yang paling umum dikenal dengan nama Convict Cichlid atau Zebra Cichlid. Ikan hias ini merupakan salah satu ikan hias yang sangat umum dan banyak ditemukan di tempat penjualan ikan hias. Ikan Convict Cichlid termasuk ke dalam Family Cichlidae termasuk kelompok American Cichlid berasal dari America Tengah, dari Guatemala sampai Panama.

Habitat aslinya adalah sungai kecil, dan aliran gunung dengan dasar berbatu. Convict cihlid ini memiliki lebih banyak duri di sirip punggungnya bila dibandingkan dengan ikan cichlid lainnya yang berasal dari Amerika Tengah. Kemungkinan ini disebabkan adaptasi ini untuk memberikan perlindungan dari unggas yang akan memakan mereka karena ikan convict cichlid ini berhabitat di perairan dangkal dan jernih.

Untuk memelihara ikan Convict Cichlid ini idealnya untuk sepasang ikan harus ditempatkan pada akuarium sepanjang 30 inci / 75 cm, meskipun beberapa breeder berpengalaman telah berhasil pada akuarium berukuran lebih kecil. Ikan Convict Cichlid adalah ikan yang sangat tangguh dan mudah beradaptasi, inilah salah satu alasan mengapa ikan ini berhasil dipelihara oleh begitu banyak orang. Ikan Convict Cichlid dapat mentolerir rentang ph air dari 6,5 sampai 8,5, dan suhu dari 18C sampai 30C. Walaupun disarankan agar dipelihara di PH air 7.5-8.0 dan suhu 20-25 C.

Umur ikan Convict Cichlid bisa mencapai 10 tahun. Pada saat dewasa ikan akan berukuran sekitar 6 inchi (15 cm) untuk jantan dan ukuran lebih kecil untuk ikan betina.

Black Convict Cichlid
Black Convic Cichlid

Black Convict Cichlid seperti ikan jenis cichlid pada umumnya, memiliki sifat Agresif dan Teritorial. Habitatnya ialah berenang di tengah hingga dasar akuarium.

Diet / Makanan

Di alam liar ikan convict cichlid makan beragam makanan, namun sebagian besar terdiri dari invertebrata dan larva serangga pada batu karang, juga alga jika tersedia. Di akuarium,Convict Cichlid atau Zebra Cichlid termasuk ikan Omnivora , dan menyukai sayuran. Boleh dibilang bahwa mereka akan makan apa saja. Mereka juga termasuk ikan yang rakus, jadi berhati-hatilah untuk tidak terlalu banyak memberi makan, atau kesehatannya bisa terganggu, karena terlalu banyak kotoran sisa makanan.

Ikan Convict Cichlid juga dikenal dengan nama latin lain yaitu Heros nigrofasciatus, Archocentrus nigrofasciatus, Astronotus nigrofasciatum, Cichlasoma nigrofasciatum, Cryptoheros nigrofasciatus, Cichlosoma nigrofasciatum

Pemijahan Convict Cichlid

Di alam liar pemijahan Convict cichlid dilakukan pada pasir, atau di antara bebatuan berdiameter sekitar 30cm. Di akuarium, mereka tidak ada tempat khusus untuk pemijahan, banyak peternak untuk memanfaatkan Pot Bunga, pipa PVC, Batu bahkan di atas kaca untuk tempat bertelur. Ikan Convict Cichlid ini merupakan salah satu ikan yang paling mudah untuk di kembangbiakkan. Tidak seperti banyak jenis ikan cichlid lainnya, ikan convict cichlid tidak sulit untuk berpasangan, dan sekali berpasangan mereka akan berkembang biak akan terus melakukannya. Biasanya, mereka bisa berkembang biak setiap bulan, dengan menghasilkan antara 40 sampai 150 telur. Indukan berusia lebih muda dan lebih kecil akan cenderung memiliki jumlah telur yang lebih sedikit, dan saat ikan tumbuh, jumlah telur menjadi lebih banyak. Telur akan menetas antara tiga sampai empat hari. Beberapa induk ikan Convict akan terus memindahkan burayak/bayi ikan dari satu lubang ke lubang lainnya. "Burayak"/larva ikan akan menyerap kantung telur mereka dalam waktu lima sampai enam hari, setelah itu ia akan menjadi berenang bebas, dan mulai mencari makanan. Pertumbuhan burayak bisa digenjot dengan memberi makan bayi-bayi yang baru saja menetas dengan Artemia (Baby Brine Shrimp) atau Artemia beku. Namun apabila susah didapat, pelet yang sudah dihancurkan juga bisa diberikan.

Sebenarnya ada beberapa jenis dari convict cichlid yaitu :

Pink Convict Cichlid
Pink Convict Cichlid
  • Black convict cichlid/Convict Cichlid (Archocentrus nigrofasciatus)
  • Pink convict cichlid (Archocentrus nigrofasciatus)
  • Yellow convict cichlid ( Archocentrus nanoteus)

Yellow Convict Cichlid
sumber http://freshaquarium.about.com/od/centralamerican/p/Convict-Amatitlania-Nigrofasciata.htm, http://www.aquariumdomain.com/viewSpeciesNWCichlid.php?id=21

Artikel